MENUANGKAN KREATIVITAS DALAM MAJALAH

Majalah vol 1- vol 6


UKM Penalaran di Universitas Bhayangkara Surabaya menuangkan kreativitas melalui majalah. Majalah ini biasanya merupakan hasil karya dari para anggota UKM, yang biasanya berupa artikel, puisi, foto, ataupun sejarah – sejarah para filsuf. Majalah tersebut sudah di produksi sejak tahun 2015 – sekarang yang sudah mencapai vol ke 6.
UKM Penalaran ini bernama UKPIM (Unit Kreativitas dan Pengembangan Intelektual Mahasiswa), UKM ini mewadahi para mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya dalam hal apapun. Seperti fotografi, karya tulis ilmiah (KTI), puisi, membuat video, design, dan masih banyak. Karena ilmu tidak hanya di dapat di dalam kelas namun juga bisa di luar ruangan untuk terus mengeksplor bakat dan pengetahuan yang lebih banyak.
Dengan menuangkan kreativitas melalui majalah, biasanya setiap anggota diminta untuk memuat satu artikel ataupun karya yang lain untuk dimuat di majalah. Majalah tersebut biasanya terbit pada saat penerimaan mahasiswa baru agar dapat di sebar kepada mereka. Juga setiap tahun ada penyetekan ulang untuk disebar kepada mahasiswa lain supaya UKM Penalaran ini terus berkembang dan berkarya.


Majalah vol 1 yang telah terbit pada tahun 2015 yang isinya berupa profil Universitas Bhayangkara Surabaya (UBHARA) yang di pelopori oleh Shoumy Vondia. Profil tersebut berupa fasilitas, jurusan, beasiswa, dan ukm apa saja yang ada di UBHARA. Dengan di terbitkannya majalah vol 1 ini, dapat memberitahu mahasiswa dan calon mahasiswa baru yang belum seberapa mengerti apa saja yang ada di ubhara supaya mereka paham.
Majalah ini sebenarnya salah satu program kerja yang ada di divisi jurnalistik di UKM ini. Banyak sekali program kerja yang ada seperti festival, pembuatan majalah, seminar, temu ilmiah se- Surabaya, dll. Namun yang paling menonjol yaitu festival dan pembuatan majalah. Karena di setiap festival, UKPIM mengusung tema yang membuat orang – orang selalu penasaran. Seperti tahun 2018 lalu tema di festival yaitu DEEP INSIDE SOERABAJA yang dimana menunjukan sejarah, seni, dan budaya yang ada di Surabaya. Untuk majalah sendiri kenapa menonjol? karena judul dan isinya banyak yang menanti – nanti karena selalu banyak pengetahuan yang mereka dapat melalui artikel – artikel di dalam majalah.

Seperti kata salah satu anggota UKPIM yang di temui “ salah satu program kerja di UKPIM yakni pembuatan majalah, dimana majalah ini sebagai bentuk wadah buat kreativitas temen – temen mahasiswa sekalian yang mempunyai ide – ide atau gagasan dapat menuangkannya dalam majalah tersebut. Alhamdulillah UKPIM untuk saat ini sudah menerbitkan majalah sampai vol 6 dengan tema “DIVERSITY GENERATIONS IN UNITY”. Kata hikmah salah satu anggota. 

Komentar